Instalasi Data Center

Data center adalah suatu alat yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data. Fasilitas ini biasanya mencakup juga catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (mis. AC, ventilasi), pencegah bahaya kebakaran, serta piranti keamanan fisik. Salah satu penempatan server untuk website atau database. keberadaan data center pada suatu perusahaan terutama perusahaan bisnis sangat diperlukan, karena adanya data center memiliki banyak keuntungan bagi kinerja sebuah perusahaan professional dan juga akan sangat bermanfaat apabila ada hal tak terduga yang melanda sebuah perusahaan.

Semisal saja bencana alam melanda dan merusak perusahaan yang menyebabkan semua arsip data perusahaan hancur, dengan adanya data center, semuanya dapat diatasi karena adanya data canter yang membuat data perusahaan tetap utuh di lokasi data center. Oleh karna itu, biasannya data center disimpan pada lokasi yang berbeda dari perusahaan, bahkan biasanya berada  di lokasi yang dirahasiakan oleh perusahaan, hal ini juga bertujuan untuk menjaga keamanan data center dari gangguan yang tidak diinginkan ataupun ada suatu pihak yang jahil dengan perusahaan itu sendiri dan menghancurkan perusahaan tersebut.

Berdasarkan fungsinya data center dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
1. Internet Data Center
hanya untuk mendukung aplikasi terkait dengan internet saja, biasanya dibangun dan diopersikan oleh service provider atau perusahaan yang memiliki  model  bisnis  berdasarkan pada Internet commerce. 
2. Corporate/Enterprise Data Center
mendukung semua fungsi yang memungkinkan berbagai model bisnis berjalan pada layanan internet, internet dan keduanya.

Pada sebuah data center terdapat banyak sekali server yang tersusun pada rak server yang ditata sesuai bentuk fisiknya, server bisa mencapai rattusan atau bahkan ribuan server. Disetiap ruang memiliki pendingin, system catu daya, UPS, security system dan jaringan terkoneksi yang didata dengan detail. Bahkan lantai dimana server akan dibangun memili karakteristik yaitu sebagai peredam dan terdapat kolong sebagai tempat kabel jaringan listrik maupun komputer.

Dalam membangun sebuah data center, terdapat 4 kriteria perancangan data center yang ideal, antara lain yaitu :

1. Ketersediaan
Data center diciptakan untuk mampu memberikan operasi yang berkelanjutan dan terus menerus bagi suatu perusahaan baik dalam keadaan normal maupun dalam keadaan terjadi suatu kerusakan yang berarti atau tidak. Data center harus dibuat sebisa mungkin mendekati zero failure untuk seluruh komponennya. Mulai dari lokasi aman, memenuhi syarat sipil bangunan, geologi, vulkanologi dan topografi. 

2. Scalability dan Flexibility
Data center harus mampu beradaptasi dengan pertumbuhan kebutuhan yang cepat atau ketika adanya device baru yang harus desediakan oleh data center tanpa melakukan perubahan yang cukup berarti bagi data center secara keseluruhan. Terproteksi dengan istem cadangan, system catudaya, pengatur udara dan komunikasi data.

3. Security 
Data Center menyimpan berbagai asset perusahaan yang berharga, oleh karenanya system keamanan dibuat seketat mungkin baik pengamanan secara fisik maupun non fisik. 

4. Menerapkan tata kelola standar data center, yaitu meliputi :
Standar Prosedur Operasi, Standar Prosedur Perawatan, Standar Rencana Pemulihan dan Mitigasi Bencana, Standar Jaminan Kelangsungan Bisnis

Data center adalah suatu solusi untuk menjamin keamanan sebuah perusahaan dari semua hal-hal yang tidak diduga sama sekali. Karenanya lokasi pembangunan data center itu sendiri merupakan lokasi yang sangat aman dari berbagai resiko seperti bencana alam, gangguan geografis atau gangguang dari manusia berniat buruk yang ingin merusak sebuah perusahaan.

PT ATM memiliki pengalaman dalam pembangunan data center dan didukung oleh tenaga kerja yang proffesional di bidang tersebut, oleh karena itu kami siap untuk membantu customer mulai dari berdiskusi hingga pembangunan data center sehingga sesuai dengan keiniginan customer tanpa mengurangi dari segi fungi hingga keamanan data center.