Sistem Pengkabelan Serat Optik

Pada saat ini pilihan utama media transmisi fisik infrastructure yang digunakan di dunia Telekomunikasi network abad ini. Selain kabel tembaga, pilihan utamanya adalah kabel FIBER OPTIC ( Serat optic ).

Komunikasi serat optic didasarkan pada prinsip bahwa cahaya pada media kaca dapat membawa lebih banyak informasi dalam jarak yang jauh dibandingkan yang dapat dibawa oleh sinyal listrik dalam sebuah Twisted Pair tembaga atau media coaxial. Dengan sedikit kehilangan transmisi, tingkat gangguan yang rendah, dan potensi bandwidth yang tinggi. Serat optic merupakan pusat menuju keberhasilan dari operasi berbagai macam aplikasi. Komunikasi berkecepatan tinggi, dari local area network ( LAN ) hingga system jarak jauh untuk menembus Metropolitan Area Network, masing masing dari aplikasi aplikasi tersebut memiliki persyaratan teknis yang tinggi, serat optik yang spesifik telah dikembangkan untuk menyediakan performa optimal dan kwalitas yang tinggi.

Serat Optik adalah untaian untaian kaca yang halus dan ada beberapa tipe yang berbeda yang tersedia untuk aplikasi aplikasi telekomunikasi. Tergantung pada konstruksi mereka, serat Optik tersebut dikatagorikan berdasarkan cara mereka mengantarkan cahaya dan aplikasi yang mereka dukung. Dua katagori serat optik dengan karakteristik yang berbeda adalah serat Multimode ( banyak mode ) dan singlemode ( satu mode ). Dalam kategori Multimode, perbedaan yang terpenting adalah antara step index dan graded index. Definisi fiber lebih lanjut berhubung dengan ukuran fisik, performa optik, pelapis, dan strength members. Setelah jaket selubung dibentuk pada serat optik, Mereka menjadi kabel serat yang akan dikategorikan lagi lebih lanjut, desain dan konstruksi dari kabel fisik akan menentukan lingkungan aplikasinya.

Tabel dibawah ini memberikan gambaran singkat mengenai standar industry pengkabelan mengakui serat optik yang digunakan pada pengkabelan premis. Empat tipe dari serat optik di spesifikasikan untuk menyokong beragam kelas aplikasi, Tipe tipe serat optik multimode ( OM1, OM2, OM3 ) dan satu tipe singlemode ( OS1 ) , OS1 merujuk pada serat singlemode standar, ITU-T G.652.

Tabel Standar Industry Pengkabelan Fiber Optik

EFL  ( Effective Laser Launch Bandwidth )    OFL  ( Overfilled Launch Bandwidth ).